Bahaya dari Obat fogging

38 views

obat foggingPengasapan atau fogging merupakan salah satu cara untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah yakni nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya fogging dilakukan di area korban terkena demam berdarah atau ditempat-tempat yang diprediksi menjadi sarang dari nyamuk demam berdarah. Namun pemberian obat fogging ini ternyata dapat memberikan dampak berbahaya, oleh karena itu dosis penggunaanya harus diperhatikan.

Obat fogging yang dihisap manusia terus menerus dapat mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan diantaranya seperti gagal ginjal, bayi menderita kelainan Gastrointestinal (kelainan saluran cerna), bayi yang dilahirkan menjadi anak hiperaktif, diare, gangguan sperma, gangguan pada sistem saraf, kelumpuhan pada bayi, daya tahan tubuh menurun, kerusakan paru-paru dan bahkan menimbulkan penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena obat fogging mengandung senyawa racun yang berbahaya, lebih baik pada saat proses fogging dilakukan terutama ibu hamil dan anak-anak menggunakan masker pengaman dan menghindar sejauh mungkin dari lokasi pengasapan, serta mengamankan makanan dan hewan peliharaanyang terdapat di dalam rumah.

 Selain itu  obat fogging seperti  perslin, fenithrothion, malation dan sumithion yang dalam penggunaanya masuh dicampur solar dan minyak tanah menciptakan pencemaran pada lingkungan sekitar. Perlu diketahui pula bahwa fogging sebenarnya bukan cara yang paling baik karena tidak semua nyamuk akan mati, beberapa diantaranya hanya pingsan dan beberapa menjadi kebal terhadap obat fogging tersebut sehingga menjadi lebih sulit untuk dibasmi.